Sosialisasi Manfaat Senam Pernafasan

Kepada Yth,
1. Para Wakil Rektor
2. Para Dekan/Wakil Dekan
3. Para Kaprodi/Sekprodi
4. Para Ketua Lembaga
5. Para Kepala Biro
6. Para Direktur/Kepala UPT
7. Para Kepala Bidang/Bagian
8. Para Dosen Tetap
9. Para Tenaga Penunjang Akademik 
10.Para Mahasiswa/i
11.Para Pengurus BEM UM Gorontalo
12.Para Pengurus Ormawa UM Gorontalo

Di-
          Tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

         Teriring salam dan do’a semoga Allah SWT melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, Amin !.
         Sehubungan dengan kegiatan rutin senam pagi bersama civitas kampus Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang dirangkaikan dengan pelaksanaan “Sosialisasi tentang Manfaat Senam Pernafasan untuk Kesehatan dengan Kegiatan Sehari-hari” oleh Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara Gorontalo dan Sosialisasi dari Kopana Pertamina tentang Penggunaan Tabung Gas 5Kg (pink), maka diharapkan kepada Bapak/Ibu serta Mahasiswa/i untuk hadir pada Agenda dimaksud yang insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal            : Jumat, 14 Desember 2018
Waktu                         : 06.00 WITA sampai dengan selesai
Tempat                       : Lapangan Pencerahan UM Gorontalo
Penanggung jawab   : Fakultas Ilmu Kesehatan
Pakaian                       : Olahraga

      Demikian edaran ini disampaikan, atas kehadiran Bapak/Ibu diucapkan terima  kasih.
Nasrun minallah wa fathun qarib
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

UMGo Gelar Pemilihan Putra – Putri Pencerahan Tahun 2018

Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go), menyelenggarakan Pemilihan Putra Puteri Pencerahan tahun 2018, Senin (10/12)di Gedung Indoor David Bobihoe.

Kegiatan tersebut bertemakan, “Adat bersendikan syara, syara’ bersendikan Kitabullah”, yang diikuti utusan putra puteri Prodi-prodi yang ada di Fakultas UMGo.

“Tahun 2017 pemilihan putra – putri kampus ini sempat vakum, oleh karena itu mengingat kegiatan ini sangat penting sehingga tahun ini diselenggarakan” kata
Rektor Universitas Muhamadiyah Gorontalo , Dr.dr.H. Muhammad Isman Yusuf Sp.S, saat memberikan sambutannya.

Lanjutnya, kegiatan ini sangat penting dan perlu diadakan, karena ini bisa meningkatkan kinerja dan memotivasi mahasiswa untuk berbuat bagi kemajuan kampus dan bangsa dan negara ini.

Ia mengungkapkan ajang seperti ini, seperti ajang nou dan uti bagi skala kabupaten Gorontalo, Mis Indonesia untuk skala Nasional dan Mis Universe untuk skala Internasional.

“Ini semacam ajang nou dan uti untuk kabupaten, dan kalau skala dunia mis universe, biasanya baik nasional dan internasioanal ad 3 B, singkatan dari “beauty” (alias kecantikan), “brain” (alias kepandaian) dan “behaviour” (alias perilaku).
Itu sama saja kita mencari putra putri unggul ,yang tidak hanya cerdas atau smart ,tentu juga islamiyah dan berakhlak mulia dan memiliki atitude yang baik pula” Jelas Rektor.

” Untuk itu hasil juara dari ajang ini, semoga bisa jadi contoh terdepan bagi mahasiswa lain dalam proses kuliah, aksi sosial, dan keagamawan. Dan kami sangat mendorong agar mahasiswa , bisa berinovasi dan mengembangkan kreativitasnya” Tuturnya.

Orang nomor satu dikampus pencerahan UMGo ini juga berharap penuh, melalui tangan juri yang berkompeten, dapat melahirkan juara yang unggul, ilmiah, dan akhlaqiyah.

Hadiri Munas Pengelolaan Asrama Mahasiswa PTMA – Kepala LP2AIK : Pengalaman Berharga Kelola Asrama Mahasiswa

KAMPUS PENCERAHAN – Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) merupakan bagian yang  penting dan tidak terpisahkan dari gerakan dakwah Muhammadiyah. Bahkan PTMA merupakan salah satu wahana penyemaian kader persyarikatan dan kader umat yang akan menjunjung dan melaksanakan misi dan cita-cita Muhammadiyah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Cita-cita luhur ini telah menjadi keyakinan dan keinginan Muhammadiyah sejak didirikan dan akan terus bergaung untuk menjadikannya lebih berarti bagi Republik Indonesia agar menjadi negara yang tenteram, maju, bermartabat dan sejahtera. Keberadaan Asosiasi Pengelola Asrama (ASLAMA) PTMA yang telah berdiri 3 tahun yang lalu diharapkan dapat mengayunkan langkah kaki bersama mengemban tugas dan amanah bersama seluruh asrama PTMA.

Kaitan dengan itu, maka peran dan fungsinya, maka ASLAMA bersama Majelis Dikti PP Muhammadiyah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung selama tiga hari 23 – 26 November 2018 bertempat di Hotel Gets Semarang dengan mengundang seluruh direktur/mudir/kepala asrama PTMA se-Indonesia.

Agenda penting dalam Rakor ini adalah memantapkan pengelolaan asrama dalam hal leadership dan kurikulum untuk bagi pengembangan kader persyarikatan. Rakor ini juga digunakan untuk melaksanakan proses regenerasi dan restrukturisasi pada kepemimpinan ASLAMA ke depan.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua ASLAMA, Ghoffar Ismail, S.Ag., M.A., serta dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D. Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go) yang ambil bagian pada kegiatan tersebut, diwakili Kepala LP2AIK Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM. Menurut Ad Mahmudy, kegiatan munas ini sangat penting, tidak hanya sekedar memilih pengurus ASLAMA yang baru, tapi juga pemberian materi yang pada dasarnya menjadi pengalaman dalam pengelolaan asrama kedepan.

“Banyak hal yang didapat, bukan hanya memilih pengurus, tapi juga pemberian materi maupun sharing pengalaman dari PTM yang telah memiliki asrama,” imbuh Ad Mahmudy.

Dikatakan Ad Mahmudy, dari kegiatan tersebut dijelaskan bagaimana cara mengelola asrama, dimana pengelolaannya dijadikan wadah pengkaderan, karena disadari bahwasanya kader Muhammadiyah masih kurang menonjol di level nasional.

“Jadi kedepan bagaimana asrama tidak hanya untuk hunian mahasiswa, tapi juga menjadi pesantren, sehingga kedepan kader-kader Muhammadiyah tidak langka perannya di tingkat nasional,” paparnya.

Khusus UM Go, yang kini asramanya tengah dalam proses pembangunan, Ad Mahmudy mengatakan tentu dari sekarang perlu adanya manajemen dalam mempersiapkan pengelolaan asrama nantinya.

“Tentu banyak harus dipersiapkan, mulai dari manajemennya, struktur, panduan dan aturan main yang berlaku dalam pengelolaan asrama, dimana kesemuanya memiliki syarat – syarat khusus yang harus dipenuhi,” tukasnya.

Terkait dengan itu, Ad Mahmudy mengatakan dirinya akan segera melaporkan secara tertulis hasil dari munas pengeloloaan asrama mahasiswa PTMA se Indonesia ini kepada pimpinan dalam hal ini Rektor guna mendapatkan petunjuk untuk tindaklanjut kedepan terkait pengelolaan asrama di UM Go.